Sunday 8 June 2014

Sebuah Tinjauan Singkat Tentang Apa Kerangka Agile Scrum Dan Cara Dapat Bantuan Anda Dalam Mengembangkan Proyek Sukses

Pendahuluan Untuk Agile Scrum Kerangka

Scrum adalah jenis khusus dari kerangka pembangunan proyek. Hal ini sangat populer memiliki siklus pengembangan produk yang cepat dan handal. Hal ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk, terutama produk-produk perangkat lunak berbasis, untuk yang sangat banyak digunakan saat ini. Banyak perusahaan Fortune 500 saat ini menggunakan metodologi pengembangan scrum di seluruh dunia karena popularitas dan efektivitas dalam memberikan produk-produk berkualitas tinggi dalam waktu pengembangan yang ditetapkan. Aspek unik tentang kerangka scrum adalah bahwa ia memiliki kemampuan untuk "memeriksa" apa yang terjadi "dalam" dan "di sekitar" sebuah proyek di mana ini diterapkan, dan dapat mengambil tindakan korektif berdasarkan temuan diterima sebagai masukan dari proses mengalir. Kerangka ini mendukung beberapa kegiatan yang dikenal sebagai "peristiwa" yang dapat membantu untuk mengidentifikasi apakah sesuatu yang salah yang terjadi dengan proyek tersebut. Ketika kerusakan atau kegiatan yang salah terdeteksi, kerangka kerja dapat mengambil langkah-langkah korektif untuk memastikan bahwa "salah" hal dikoreksi dan diperbaiki dengan cara yang benar. Kerangka scrum begitu terstruktur sehingga dapat "self-mendeteksi" dan "mengoreksi diri" itu sendiri melalui kegiatan dan kerja khusus.

Biasanya, scrum adalah proses pembangunan di mana tim berkolaborasi dan bekerja sama sekaligus menciptakan produk. Dalam scrum, pengembangan terjadi secara bertahap kecil yang dikenal sebagai "sprint." Setiap ledakan kecil dari kegiatan pembangunan, atau lari, umumnya berlangsung dari dua minggu sampai satu bulan. Pada akhir setiap sprint, acara khusus yang dikenal sebagai "lari ulasan" diadakan untuk mengetahui berapa banyak pekerjaan pembangunan telah dilakukan oleh tim, dan berapa banyak yang dapat diterima dari sudut pandang kontrol kualitas. Pekerjaan yang telah diselesaikan dikonsolidasikan dan diterima sebagai "Selesai." Aspek unik tentang scrum adalah bahwa pembangunan dilakukan dalam potongan-potongan, bukannya "secara keseluruhan" dan "semua bersama-sama." Setiap bagian atau unit perkembangan dikembangkan dan diuji secara individual untuk kelemahan. Potongan-potongan ini kemudian diintegrasikan untuk membentuk produk lengkap. Daripada mengendalikan proyek secara keseluruhan, usaha scrum untuk mengontrol perkembangan potongan individu atau fungsi produk. Unit perkembangan, atau "potongan" yang disebut sebagai "user" dalam scrum. Setelah semua cerita pengguna dikembangkan dan terintegrasi, total, komprehensif, dan "shippable" produk secara otomatis dikembangkan. Produk ini diuji pada tingkat mikro dengan menganggap fungsi dan kehandalan. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa banyak perusahaan pengembangan dan organisasi memilih untuk menggunakan kerangka scrum dalam proses produksi mereka.

Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk scrum kegiatan pembangunan proyek mereka.

Mengurangi utang teknis dan menghilangkan regresi
Pada setiap contoh waktu tertentu, tim mengembangkan sebagian kecil, atau irisan tipis, dari produk yang sebenarnya. Bagian ini dibagi lagi menjadi unit-unit yang lebih kecil dapat dikembangkan yang secara individual dikembangkan oleh anggota tim. Setelah khusus "unit" benar-benar dikembangkan, diuji untuk kelengkapan dan kegunaan. Ini memberikan kesempatan bagi tim untuk menguji komponen produk individual pada tingkat mikro. Mengatasi masalah-masalah di tingkat akar mengarah ke regresi nol dan sangat mengurangi utang teknis di masa depan. Ini adalah bagaimana scrum mengendalikan masalah utang terkait teknis sebelum dan sesudah penyebaran produk.

Menjaga nilai bisnis proyek setiap saat 
Setelah sebagian kecil dari produk tersebut dikembangkan dan diuji keandalannya, itu menunjukkan atau memamerkan kepada pemilik proyek dan pemangku kepentingan - orang-orang yang benar-benar memiliki proyek. Umpan balik mereka penarikan mengenai fungsi yang telah dikembangkan oleh tim scrum. Begitu mereka Oke pembangunan, porsi yang diterima sebagai "Selesai." Jika pemilik tidak puas, pengembangan akan dipindahkan ke daftar master dari yang dapat diambil lagi untuk tujuan pembangunan. Dengan demikian, hanya aktivitas perkembangan berguna dan efektif dilakukan dalam rangka. Sistem ini sangat terstruktur yang bisa menolak pekerjaan di bawah standar. Selain itu, setiap unit pembangunan dapat dikorelasikan dengan "layak" di pasar yaitu ketika fungsi tertentu dikembangkan oleh tim berapa banyak itu akan bernilai di pasar ketika terintegrasi dalam produk yang sebenarnya. Hal ini memastikan bahwa hanya perkembangan yang berarti memiliki signifikansi keuangan tertentu "bergejolak" dengan mengimplementasikan kerangka scrum. Setiap unit produk yang dikembangkan memiliki nilai usaha tertentu yang melekat padanya. Hal ini mengetengahkan bahwa nilai bisnis dari seluruh proyek dipertahankan pada setiap saat.

Fitur kolaboratif yang dapat merampingkan produktivitas dan meningkatkannya 
Salah satu keuntungan terbesar dari kerangka scrum adalah bahwa hal itu dapat memberikan dampak dari anggota tim dan pemilik proyek setiap saat. Setiap cerita pengguna, atau unit pembangunan, justru dinyatakan dalam daftar induk yang dikenal sebagai "backlog produk." Master list ini berisi setiap "item," atau unit perkembangan yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk dalam totalitas. Setiap item dalam daftar yang teliti didefinisikan. Spesifikasi fungsi untuk dikembangkan, deskripsi, penjelasan, dan apa benchmark yang dibutuhkan untuk memuaskan harus diterima sebagai "Selesai" secara jelas dinyatakan di dalamnya. Hal ini membuat pengembangan lebih mudah bagi anggota tim karena kriteria yang jelas ditetapkan dan tim tahu persis apa fungsi untuk mengembangkan, dengan cara apa, dan jenis output yang diharapkan setelah mengembangkan item produk. Sistem umpan balik lebih membantu tim untuk berkolaborasi dan mendiskusikan aspek teknis mengenai kegiatan pembangunan. Hal ini membantu untuk merampingkan proses produksi. Anggota tim dapat saling membantu dalam tahap pengembangan produk. Semua anggota senior serta tim junior mendukung sifat kolaboratif. Ketika tim menghadapi masalah atau hambatan, pemimpin proyek yang dikenal sebagai "pemilik produk" mencoba untuk memberikan solusi untuk masalah ini - jika perlu dengan berinteraksi dengan para pemangku kepentingan dan individu teknis suara lainnya. Proses kolaborasi membantu tim untuk berfungsi dengan cara yang sangat produktif.

Beradaptasi terhadap perubahan kondisi pasar dan mengembangkan proyek sukses 
Sebuah keuntungan besar dengan scrum adalah bahwa jika mengikuti "memeriksa" dan "beradaptasi" prinsip-prinsip. Kerangka kerja ini memiliki fitur yang melekat yang memfasilitasi pemeriksaan dan retrospeksi. Pengembangan produk dapat memakan waktu yang tertentu. Jika definisi produk yang kompleks atau rumit, mungkin diperlukan waktu lebih lama - bahkan berbulan-bulan - untuk mengembangkan produk dalam totalitas. Banyak kali sementara produk sedang dikembangkan, kondisi pasar dapat berubah dari waktu ke waktu dan membuat beberapa fungsi yang terkait dengan produk sebagai berlebihan. Akibatnya, produk ketika diluncurkan di pasar setelah bulan pembangunan mungkin kehilangan nilai bisnis dan merasa sulit untuk bersaing dengan produk sejenis lainnya, karena produk-produk lain mungkin memperoleh "benteng" dan memperkuat posisi mereka karena rilis sebelumnya mereka . Perusahaan lebih dari sering menderita kerugian keuangan yang cukup besar ketika hal ini terjadi. Scrum membantu untuk menghindari hal ini. Para pemangku kepentingan yang terkait sangat erat dengan proyek selama fase perkembangannya. Mereka memiliki kesempatan untuk memutuskan mana dari fungsi produk membawa nilai-nilai bisnis yang tinggi, dan yang dapat membantu fungsi produk untuk berhasil secara finansial di pasar. Selama siklus pengembangan produk, para pemangku kepentingan dapat memperkenalkan fungsionalitas baru, menghapus fungsi yang ada, dan bahkan menyarankan perubahan dalam fungsi yang ada sehingga seluruh proyek dapat mempertahankan nilai bisnisnya setiap saat - saat awal, pengembangan, dan rilis berikutnya . Proyek yang dikembangkan menggunakan framework scrum yang menguntungkan dan membantu untuk mendapatkan ROI yang lebih tinggi bagi para pemangku kepentingan.

Ini hanya beberapa alasan mengapa organisasi di seluruh dunia memilih untuk kerangka scrum. Yang banyak faktor lain yang menarik "C" tingkat eksekutif dan mega korporasi untuk memilih scrum sebagai kerangka pembangunan mereka, bagaimanapun, itu akan mengambil diskusi jauh lebih rinci dan pelatihan pribadi untuk benar-benar memahami luasnya dan kedalaman yang ditawarkan oleh scrum. Kerangka kerja ini sangat lincah sehingga dapat beradaptasi dengan hampir setiap jenis proyek, namun besar dan rumit mungkin, dan masih memberikan sukses dan baik "dibungkus" untuk penyebaran akhir. Perlu mengetahui sesuatu yang lebih tentang scrum untuk memanfaatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana fungsinya.

The Scrum Process

Proses scrum dimulai dengan kegiatan yang dikenal sebagai "Release Planning." Ketika sebuah proyek direncanakan, atau memutuskan, para pemangku kepentingan menunjuk seseorang untuk melaksanakan dan menjaga seluruh proyek. Orang ini dikenal sebagai "Pemilik Produk." Orang tersebut mewakili para pemangku kepentingan dan minat mereka dalam proyek tersebut. Pemilik produk (atau "PO" singkatnya) mulai merencanakan tentang apa yang perlu dilakukan untuk melaksanakan proyek secara sistematis dan terencana. Dia mulai mempersiapkan dokumentasi yang meliputi berbagai aspek yang menyangkut proyek, seperti aspek kelayakan, dinamika pasar, spesifikasi produk, dll Laporan ini disampaikan kepada para pemangku kepentingan, yang membantu mereka untuk memutuskan lebih lanjut pada apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan keinginan dari proyek. Laporan ini membantu para pemangku kepentingan untuk memahami realitas tentang bagaimana produk yang diusulkan oleh mereka kemungkinan akan tampil di pasar berdasarkan apa yang telah mereka membayangkan. Proses ini umumnya dikenal sebagai "perencanaan rilis." PO kemudian melanjutkan dengan proyek berdasarkan umpan balik dan saran-saran mereka. PO mulai mempersiapkan daftar induk yang dikenal sebagai "backlog produk" dalam scrum. Daftar ini berisi item individual, yang dikenal sebagai "item backlog produk" atau "cerita pengguna," yang dibutuhkan untuk mengembangkan seluruh produk. Jadi melihat itu sebaliknya, seluruh proyek mendua menjadi lebih kecil bagian secara individual dapat dikembangkan dikenal sebagai cerita pengguna, yang sebenarnya membentuk backlog produk. PO tersebut dengan hati-hati menuliskan cerita-cerita ini. Ia juga dapat mengundang dan mengambil bantuan dari anggota tim sementara penyusunan cerita. Cerita-cerita meliputi spesifikasi tentang fungsi yang akan dikembangkan oleh tim. Setelah backlog dibuat, PO analisis yang cerita yang paling penting dari sudut pandang fungsi, dan yang dari mereka membawa nilai-nilai bisnis yang tinggi. Cerita penting yang terletak di bagian atas daftar sehingga mereka dapat dikembangkan terlebih dahulu. Umumnya, backlog produk diproses dari atas ke bawah, cerita begitu penting dapat dikembangkan terlebih dahulu.

Rapat perencanaan sprint 
Kegiatan pembangunan yang sebenarnya dimulai dengan acara scrum dikenal sebagai "Perencanaan Sprint." Pertemuan dilakukan untuk mendukung acara ini. Rapat perencanaan sprint sebenarnya diadakan dalam dua bagian. Selama bagian pertama dari pertemuan tersebut, PO mengambil beberapa cerita penting pengguna dari atas backlog produk dan transfer mereka ke daftar sementara yang dikenal sebagai "Sprint Backlog." Daftar ini penting untuk anggota tim karena mengandung item produk yang akan dikembangkan di hari-hari berikutnya. Dalam pertemuan tersebut, para PO menjelaskan apa yang perlu dikembangkan, persis dengan cara apa, dan kondisi apa harus puas untuk memiliki cerita pengguna diterima sebagai berhasil diselesaikan. Kondisi yang dikenal sebagai "Kriteria Penerimaan." Tim avails kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan mencari klarifikasi mengenai poin pengembangan halus yang tidak jelas. Di babak kedua pertemuan, tim menganalisis sprint backlog yang berisi barang yang akan dikembangkan dalam beberapa hari mendatang. Para anggota dibagi cerita menjadi kecil dapat dikembangkan sub-unit yang dikenal sebagai "tugas." Setelah tugas didistribusikan di antara anggota tim, proses pembangunan yang sebenarnya dimulai.

The scrum harian atau "berdiri" pertemuan 
Dalam scrum, pengembangan produk yang sebenarnya dilakukan dalam ledakan singkat kegiatan yang dikenal sebagai sprint. Sebuah sprint umumnya berlangsung selama dua minggu sampai maksimum satu bulan. The PO dan tim secara kolektif memutuskan durasi sebenarnya dari menjaga lari dalam pikiran berbagai faktor seperti tingkat kompleksitas, ukuran proyek, tanggal rilis produk, dll Setelah durasi sprint memutuskan, itu adalah "tetap" dan tidak dapat diubah di kemudian hari. Setiap hari, sebelum pengembang mulai dengan hari mereka, pertemuan singkat diadakan untuk memulai aktivitas sehari-hari berlari. Pertemuan ini disebut "berdiri" Pertemuan atau "scrum harian." Alasan mengapa kata "scrum" digunakan untuk menggambarkan pertemuan adalah bahwa anggota tim scrum berkumpul bersama seperti pemain rugby lakukan di lapangan ketika mereka mulai dengan mereka "ragbi" scrum. Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk membuat tim bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah dilakukan sehari sebelumnya, dan membahas apa pekerjaan yang harus dilakukan pada hari tertentu. Pertemuan scrum harian memberikan kesempatan bagi tim untuk membahas secara singkat dan memberikan umpan balik tentang berapa banyak tugas telah selesai oleh mereka. Jika ada anggota tim menghadapi isu atau masalah, itu dibahas dalam rapat dan solusi yang dicairkan untuk menyelesaikan hambatan tersebut. Pertemuan ini sangat singkat dan waktu kotak. Seharusnya tidak memperpanjang selama lebih dari 15 menit. Pertemuan itu diadakan pada setiap hari sprint untuk "memulai hari."

Tinjauan lari pertemuan
Pekerjaan pembangunan dilakukan oleh tim di sprint sehari-hari. Pada akhir dua minggu (durasi lari), saat sprint selesai dan cerita pengguna telah dikembangkan oleh tim, PO memeriksa pengembangan dan memverifikasi apakah cerita-cerita telah dikembangkan dengan baik, dan apakah kriteria penerimaan puas dengan benar. Dalam scrum, sangat penting untuk mengembangkan "shippable" fungsi yaitu tugas-tugas yang dikembangkan oleh tim harus bebas bug, didokumentasikan, diuji, dan dapat diterima oleh para pemangku kepentingan. Banyak tim scrum lintas fungsional mempekerjakan penguji dan personil QC yang tugas utamanya adalah untuk memeriksa apakah cerita pengguna yang dikembangkan oleh tim memenuhi kriteria penerimaan. Jika hal ini tidak mungkin, PO mengevaluasi tugas dan memverifikasi apakah mereka diterima. Proses ini dilakukan dalam acara scrum dikenal sebagai pertemuan kajian lari. Hal ini diadakan setelah sprint selesai. Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk memverifikasi pekerjaan pembangunan, dan jika beberapa tugas tidak memenuhi kriteria penerimaan, mereka "ditolak" dan ditransfer kembali ke backlog produk dari mana cerita pengguna dapat diambil lagi untuk pembangunan . Dengan demikian, regresi "diperiksa" dan dikendalikan melalui proses scrum.


Pertemuan kilas balik sprint 
Proses scrum mengundang umpan balik dari para pemangku kepentingan. Orang yang memiliki proyek mendapatkan kesempatan untuk memeriksa produktivitas dan memberikan umpan balik, sementara produk sedang dikembangkan. Dalam scrum, pengembangan dan produktivitas tim secara langsung dan tidak langsung dikontrol oleh umpan balik yang diterima dari para pemangku kepentingan, pengguna akhir, dan tim teknis. Jika produktivitas dilakukan oleh tim dengan cara yang tepat dan dapat diterima, cerita-cerita pengguna dan tugas yang dikembangkan akan memiliki nilai bisnis tertentu yang melekat dengan fungsi terkait dengan tugas-tugas. Sebuah peristiwa scrum dikenal sebagai "lari retrospektif" memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan oleh tim. Sprint retrospektif diadakan segera setelah pertemuan kajian lari. Perbedaan utama antara review dan retrospektif adalah bahwa dalam review PO memverifikasi tugas dan memeriksa kriteria penerimaan, sementara di retrospektif stakeholder memeriksa cerita pengguna dan tugas untuk nilai bisnis dicairkan dalam proyek yang sedang berlangsung. Sementara PO terutama berkaitan dengan aspek teknis dan mewakili kepentingan stakeholders, dalam retrospektif para pemangku kepentingan melihat sendiri betapa pentingnya cerita pengguna adalah dari sudut pandang bisnis. Retrospektif ini juga menawarkan kesempatan untuk mendidik tim dan menawarkan saran yang berharga untuk meningkatkan visi proyek dan membuat aspek-aspek tertentu yang jelas untuk tim pengembangan seperti apa tim idealnya fokus pada.
Peran Scrum

Pemilik Produk 
Dia adalah orang utama yang menjalankan proyek scrum. Orang yang terutama bertanggung jawab untuk keberhasilan atau kegagalan proyek scrum, dan, di samping itu, mewakili kepentingan para pemangku kepentingan, sementara kerangka scrum sedang dilaksanakan dalam proyek. Ada banyak tanggung jawab dari pemilik produk, dan itu akan mengambil diskusi panjang untuk menjelaskan semuanya.

Scrum Guru 
Hanya sebagai pengawas di luar negeri proses produksi di unit manufaktur, sama master scrum luar negeri yang kerangka scrum dilaksanakan dengan benar setiap saat, sementara proyek ini berlangsung. Master scrum tidak aktif berpartisipasi dalam pekerjaan pembangunan yang dilakukan oleh tim, melainkan "mengawasi" pada bagaimana hal tersebut terjadi dan apakah tim menghadapi halangan sementara pekerjaan sedang berlangsung. Peran master scrum adalah pasif, tapi penting. PO umumnya tidak memiliki cukup waktu untuk mengawasi operasi seluruh proyek sejak ia secara aktif sibuk dengan "makro" aspek tentang proyek. Master scrum, di sisi lain, berkonsentrasi pada "mikro" aspek proyek dan tetap sangat dekat dengan tim, dan membantu mereka secara langsung dan tidak langsung dengan menghapus hambatan setiap kali tim menghadapi mereka dengan cara apapun atau cara.

Tim Pengembangan 
Ini adalah utama "fungsional" unit tim scrum. Produk ini sebenarnya dikembangkan oleh tim pengembangan dalam scrum. Idealnya, tim pengembangan lintas-fungsional yaitu setiap anggota tim memiliki keahlian teknis beberapa dan bervariasi. Anggota tim berkolaborasi dan berbagi ide saat bekerja.

Scrum Artefak Atau Objects

Cerita Pengguna atau Product Backlog Produk 
Dalam scrum, seluruh produk dipecah menjadi lebih kecil, unit individual dapat dikembangkan dikenal sebagai cerita pengguna. Cerita pengguna, juga dikenal sebagai item backlog produk atau PBI, yang dikembangkan oleh tim selama sprint harian tergantung pada kepentingan mereka dan nilai-nilai bisnis. Mereka membentuk dasar dari seluruh produk. Cerita pengguna individu yang kemudian diintegrasikan untuk membentuk produk lengkap. Biasanya, cerita pengguna menyertakan keterangan judul, penjelasan menggambarkan fungsi yang akan dikembangkan dalam cerita, beberapa poin penting yang memperjelas kegiatan pembangunan, dan kriteria penerimaan. Cerita Pengguna juga mencakup nilai numerik yang menunjukkan betapa pentingnya cerita tertentu dari sudut pandang nilai bisnis. Nilai ini adalah "titik cerita."

Product Backlog 
Ini adalah daftar induk yang mencakup item backlog produk, atau komponen produk individual, yang merupakan produk yang sebenarnya dikembangkan dalam proyek scrum. Secara berkala, backlog produk diperiksa dan diverifikasi untuk setiap parameter yang hilang dalam cerita-cerita pengguna (apakah ada item backlog produk tidak tepat dijelaskan atau tidak memiliki kriteria penerimaan yang tepat) dan nilai bisnis yang terkait dengan cerita pengguna. Dengan waktu, nilai-nilai bisnis dari cerita pengguna berubah dengan perubahan kondisi pasar. Para pemangku kepentingan memberikan umpan balik mengenai perubahan nilai bisnis dari cerita pengguna, dan pemilik produk update cerita pengguna dengan nilai bisnis baru yang disediakan oleh pemangku kepentingan. Proses memperbarui backlog produk ini dikenal sebagai "backlog perawatan" atau "backlog perbaikan" dalam scrum.

Sprint Backlog 
Selama sprint harian, cerita-cerita pengguna yang berlaku di seluruh backlog produk tidak diambil untuk pembangunan. Agak kecil "sepotong" atau bagian dari backlog produk diambil untuk pembangunan selama sprint sehari-hari. Ini sebagian kecil dari backlog produk disimpan sementara dalam daftar dikenal sebagai sprint backlog. PO menciptakan sprint backlog selama rapat perencanaan sprint. 

Membakar Bagan 
Setiap cerita pengguna dalam scrum dikaitkan dengan nilai bisnis tertentu dengan menggunakan poin cerita (nilai numerik yang menunjukkan pentingnya dan nilai bisnis dari cerita pengguna). Korelasi cerita pengguna dengan story point penting dalam scrum karena menjadi mungkin untuk menemukan "tingkat" di mana tim pengembangan "melakukan." Ini menjadi mudah untuk membuat perkiraan dan menentukan "speed" di mana tim saat ini sedang mengembangkan cerita pengguna. Estimasi ini dapat diplot dalam grafik, atau grafik, yang dikenal sebagai "membakar grafik" dalam scrum.



The QuickScrum Alat

The QuickScrum alat manajemen proyek yang dikembangkan oleh Bharti SoftTech adalah aplikasi berbasis web tool scrum kuat, mudah digunakan, dan serbaguna berpusat pada kerangka Scrum. Alat ini membantu untuk menggabungkan metodologi scrum dalam pengembangan proyek, dan menawarkan lingkungan manajemen scrum dinamis. Ini mencakup fitur canggih seperti fitur yang mudah digunakan drag-and-drop, update dinamis setiap item backlog produk, statusnya, rincian item backlog menjadi tugas individu, preview item backlog dibuat dalam sprint sebelumnya, dan masih banyak lagi. Hal ini idealnya dianjurkan untuk organisasi, manajer proyek, dan tim scrum yang ingin mengimplementasikan kerangka scrum dalam proyek-proyek mereka. Alat ini membantu untuk menghemat waktu, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan produktivitas tim pengembangan, yang dapat menyebabkan keuntungan yang lebih tinggi dan meningkatkan ROI.

Berlangganan versi gratis permanen Quickscrum alat manajemen proyek untuk mendapatkan ide tentang bagaimana alat bekerja dan apa yang ditawarkan. Bagi individu baru untuk proses scrum mungkin akan sulit untuk memahami bagaimana kerangka Agile diimplementasikan dalam proyek hidup. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang scrum dan implementasinya, dan keinginan untuk mengembangkan proyek-proyek perangkat lunak yang dinamis dan hemat biaya, silahkan kirim email di support@quickscrum.com - Kami dapat mengirimkan dokumentasi pelatihan scrum untuk membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang scrum.


No comments:

Post a Comment